Pesawat-Pesawat
Tempur Berkemampuan Siluman (Stealth)
1 JUNI 2012
Pada saat ini ada beberapa negara yang memiliki pesawat tempur yang
memiliki kemampuan siluman (tidak terdeteksi radar lawan). Pesawat –pesawat ini
ada yang masih dalam tahap konsep dan pengembangan (rancangan)
seperti milik India, Indonesia dan Korea. Negara-negara ini adalah calon-calon
negara yang akan menjadi negara pembuat dan pengguna pesawat siluman
dimasa yang akan datang. Selain yang masih dalam tahap pengembangan,
pesawat-pesawat tempur siluman ini sudah ada yang diproduksi dan digunakan
dalam layanan angkatan udara mereka seperti China dan Jepang. Dari beberapa
data yang dikumpulkan dari berbagai-bagai sumber, berikut daftar
pesawat-pesawat tempur tersebut (baik yang sudah jadi atau dalam tahap
penembangan)
Anvanced Medium Combat Aircraft
(AMCA)
Pesawat tempur ini dikembangkan oleh India yang ditarget selesai pada
tahun 2020. Pesawat tempur ini berkursi tunggal dengan mesin ganda. Pesawat
tempur ini merupakan kategori peasawat tempur multiperan. Peasawt ini
merupakan Pesawat AMCa generasi kelima. Menurut beberapa laporan pesawat ini
akan dikembangkan secara massive mulai tahun 2017. Dengan total biaya
diperkirakan akan menelan $2 Billion.
Data :
Peran
: Pesawat
Tempur Multi Peran dan Pesawat Siluman Udara
Negara
Pengembang : India
Pabrik
: Hindustan
Aeronautics Limited (HAL)
Desainer
: Aeronautical development Agency (ADA)
Pertama
Terbang : 2015
Diperkenalkan
: 2018
Status
: Dalam
Tahap Pengembangan
Calon
Pengguna Utama : Angkatan Udara India dan Angkatan Laut
India
Mitsubishi
ATD-X Shinshin
Pesawat
tempur Mitsubishi ATD-X Shinshin adalah
sebuah prototaip pesawat tempur generasi kelima yang menggunakan tehnologi
siluman. Dikembangkan oleh Kementrian Pertahanan Jepang, untuk pengembangan
tehnik dilakukan oleh Technical Research and Development
Institute (TRDI).
Kontraktor utama proyek ini adalah Mitsubishi Heavy Industries. Pesawat ini
akan menjadi pesawat tempur siluman pertama yang dibuat oleh jepang. Nama ATD-X
adalah kronim dari “Advanced Technology Demonstrator – X“. Pesawat ini dalam
bahasa jepangnya bernama 心神 (shin-shin) yang berarti
“Hati dan Jiwa”. Pesawat ini dijadwalkan terbang untuk pertama kalinya pada
tahun 2014. Desain dan bentuk pesawat ini banyak memiliki kemiripan dengan
pesawat-pesawat tempur generasi ke empat dan kelima buatan Amerika.
Peswat ini banyak miripannya dengan F-22 Raptor
Data :
Peran
: Pesawat Tempur Experimental
Negara
: Jepang
Industri
: Mitsubishi Heavy Industries
Terbang
Perdana
: 2014 (merujuk pada proyek)
Status
: Dalam Pengembangan
Pengguna
Uma
: Pasukan Bela Diri Udara Jepang
Spesifikasi
§
Crew: 1
§
Length: 14.174 meters (46.50 feet)
§
Wingspan: 9.099 meters (29.85 feet)
§
Height: 4.514 meters (14.80 feet)
§
Max. takeoff weight: 8 tonnes (17,636 pounds)
§
Powerplant: 2 × IHI XF5-1
§
Dry thrust: 10 tonnes (22,046 pounds) each
§
Thrust with afterburner: 15 tonnes (33,069 pounds) each
KAI
KF-X
Pesawat
Tempur Korea Aerospace Industries KF-X adalah program Korea Selatan untuk
mengembangkan pesawat tempur multiperan canggih buat angkatan udara korea
selatan (ROKAF) dan TNI Angkatan Udara. Pengembanagan pesawat ini dipelopori
oleh Korea Selatan dengan Mitra Utamanya Indonesia. Ini adalah pengembangan
program kedua pesawat tempur Korea Selatan mengikuti FA-50.
Data :
Peran
: Pesawat Tempur Multi Peran
Pabrik
: Korea Aerospace Industrie (KAI) dan PT
Dirgantara Indonesia
Perkenalan
:
Direncanakan pada tahun l2020
Status
: Dalam Pengembangan
Pengguna
Utama : Angatan
Udara Korea Selatan dan TNI AU
ockheed
Martin / Boeing F-22 Raptor
Peasawat
tempur Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor adalah pesawat tempur berkursi
tunggal, bermesin ganda, dan generasi kelima pesawat tempur supermaneuverable yang menggunakan teknologi siluman.
Pesawat ini dirancang terutama sebagai pesawat tempur superioritas udara,
tetapi memiliki kemampuan tambahan yang mencakup serangan darat, peperangan
elektronik, dan peran sinyal intelijen. Lockheed Martin Aeronautics adalah
kontraktor utama dan bertanggung jawab untuk sebagian besar sistem badan
pesawat, senjata, dan akhir perakitan F-22. Mitra Program
Boeing Defense, Space & Security menyediakan sayap, badan
pesawat belakang, integrasi avionik, dan sistem pelatihan.
selama
tahun-tahun Pesawat ini dikenal dengan F-22 dan F/A-22
sebelum secara resmi memasuki jajaran USAF pada bulan Desember 2005
sebagai F-22A. Meskipun masa pengembangan yang panjang dan mahal, Angkatan
Udara Amerika Serikat menganggap F-22 sebagai komponen yang sangat penting dari
kekuatan taktis angkatan udara AS, dan As mengklaim bahwa Raptor F-22
diproyeksikan sebagai pesawat tempur tak tertandingi oleh pesawat tempur
mana pun yang ada pada saat ini. Lockheed Martin sebagai pabrik mengklaim
bahwa Raptor merupakan kombinasi siluman, kecepatan, kelincahan,
presisi dan kesadaran situasional, dikombinasikan dengan kemampuan serangan
udara ke udara dan udara ke darat, membuat pesawat ini secara keseluruhan
menjadi yang terbaik di dunia saat ini. Marsekal Udara Angus Houston, mantan
Kepala Angkatan Pertahanan Australia, mengatakan pada tahun 2004 bahwa
Raptor F-22 akan menjadi pesawat tempur paling menonjol yang pernah
dibangun.
J-20
Chengdu (Jian-20)
J-20
Chengdu (Jian-20) konon adalah pesawat tempur generasi kelima, kemampuan
siluman, pesawat tempur bermesin ganda, J-20 Chengdu merupakan prototipe
pesawat tempur yang dikembangkan oleh Chengdu
Aircraft Industry Group untuk
Tentara Angkatan Udara Pembebasan Rakyat China (PLAAF). Pada tahun
2010-an, J-20 menjalani tes meluncur kecepatan tinggi. J-20 melakukan
penerbangan pertama pada 11 Januari 2011. Jenderal He Weirong, Wakil Komandan
dari Tentara Angkatan Udara Pembebasan Rakyat China mengatakan pada bulan
November 2009 bahwa ia berharap J-20 akan dapat beroperasi penuh pada 2017-2019
.
Data :
Peran
: Peasawat Tempur Superiatas Udara/Peasawt Tempur Multi Peran
Pemilik
: China
Pabrik
: Chengdu Aircraft Industry Group
Terbang
Perdana
: 11 Januari 2011
Status
: Dalam Pengembanagan / tes terbang
Pengguna
: Angkatan Udara China
TFX
TFX
adalah pesawat tempur Turki, sedang diusulkan untuk dikembangkan oleh
Turki Aerospace Industries (TAI), untuk memulai produksi pada awal tahun
2020.
Pada
tanggal 15 Desember 2010, Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki
(SSIK) memutuskan untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi sebuah pesawat
tempur udara-ke-udara, sebauah pesawat tempur asli produk pribumi. Sebanyak
$ 20 juta dialokasikan untuk desain konseptual untuk fase
2 tahun yang akan dilakukan oleh TAI.
TAI dan
Tusaş Mesin Industri (TEI) akan memimpin proses desain, permulaan dan
pengembangan jet tempur. TEI akan lebih fokus pada produksi mesin pesawat yang
akan selesai pada tahun 2015, sementara TAI akan mengembangkan komponen
lainnya. Penelitian akan menghitung berapa banyak biaya yang akan
dihabiskan untuk pembuatan pesawat jet tempur, mekanik dan sistem elektronik
yang akan bekerja dan termasuk kemungkinan yang lebih luas dari
peluang dan tantangan dalam penerbangan militer.
Sukhoi
PAK FA
Sukhoi
PAK FA adalah adalah pesawat tempur bermesin ganda, jet tempur yang
dikembangkan oleh Sukhoi untuk angkatan Udara Rusia memaksa. Sukhoi T-50 adalah
prototipe yang merupakan cikal bakal PAK FA. PAK FA adalah salah satu
dari beberapa program jet siluman global.
PAK FA,
dikembangkan untuk menjadi penerus dari pesawat tempur MiG-29 dan Su-27 dalam
daftara alat tempur Rusia dan menjadi basis dari Sukhoi / HAL FGFA
sedang dikembangkan dengan India. Pesawat tempur ini merupakan
Sebuah jet tempur generasi kelima, T-50 melakukan penerbangan pertama pada
tanggal 29 Januari 2010. penerbangan kedua nya adalah pada tanggal 6 Februari
dan ketiga pada tanggal 12 Februari 2010. Hingga 31 Agustus 2010, mereka telah
membuat 17 kali penerbangan dan pada pertengahan November, dengan total
40 kali penerbangan. Prototipe kedua adalah untuk memulai uji penerbangan pada
akhir 2010, tapi ini ditunda hingga Maret 2011.
Direktur
Sukhoi Mikhail Pogosyan telah memproyeksikan 1000 pesawat untuk
dijual kepada negara lain selama empat dekade berikutnya, yang akan
diproduksi secara patungan dengan perusahaan India, 200
masing-masing untuk Rusia dan India sedangkan 600 untuk negara-negara
lain. PAK-FA diharapkan memiliki kemampuan layanan operasi sekitar 30-35
tahun.
F-35
Lightning II
Lockheed
Martin F-35 Lightning II adalah merupakan keluarga pesawat tempur yang
menggunakan kursi tunggal, bermesin tunggal, pejuang generasi kelima
multiperan. dikembangkan untuk melakukan serangan darat, pengintaian, dan misi
pertahanan udara dengan kemampuan siluman. F- 35 memiliki tiga model
utama, F-35A adalah varian konvensional (lepas landas dan mendarat), F-35B
adalah varian landasan pendek dan F-35C .
F-35
adalah keturunan dari X-35, program produk dari Joint Strike Fighter (JSF). JSF
merupakan pengembang utama sedang dana dibiayai oleh Amerika Serikat,
dengan Inggris dan negara lain yang menyediakan dana tambahan.
Negara-negara mitra terdiri dari anggota NATO atau sekutu dekat AS. Hal
ini sedang dirancang dan dibangun oleh tim industri kedirgantaraan yang
dipimpin oleh Lockheed Martin. F-35 mengambil penerbangan pertama pada 15
Desember 2006.
Amerika
Serikat bermaksud untuk membeli sebanyak 2.443 pesawat untuk digunakan Angkatan
Udara AS, Korps Marinir dan Angkatan Laut selama beberapa dekade mendatang.
Sedangkan Inggris, Australia, Italia, Kanada, Belanda, Norwegia, Turki, Israel,
dan Jepang semua akan membekali angkatan udara dan atau angkatan laut mereka
dengan F-35, meskipun Jepang telah memperingatkan bahwa tidak menutup
kemungkinan menghentikan pembelian mereka jika biaya meningkat, dan Kanada
telah mengindikasikan bahwa ia tidak sepenuhnya berkomitmen untuk membeli
pesawat. Amerika Serikat diproyeksikan akan menghabiskan dana dengan
diperkirakan sebanyak$ 323 miliar untuk pengembangan dan pengadaan pada
program F-35, sehingga ini menjadi program pertahanan yang paling mahal yang
pernah ada.
http://duniamatapena.wordpress.com/2012/06/01/pesawat-pesawat-tempur-berkemampuan-siluman-stealth/
Amerika masih mendominasi pesawat tempur siluman
BalasHapus